1
ARGOWISATA TAMBI
Agrowisata Tambi adalah sebuah objek wisata yang meliputi lahan perkebunan tehyang terletak di Desa Tambi Kecamatan Kejajar, Wonosobo.
Secara Geografis Agrowisata Tambi, Wonosobo terletak disebelah barat lereng Gunung Sindoro, dengan ketinggian 1.350 meter dari permukaan laut dan Curah hujan 2500 - 3500 mm per tahun. Jarak dari Pusat Kota Wonosobo 16 km ke arah utara.
Rute Menuju Agrowisata Tambi, Wonosobodapat ditempuh dengan menggunakan busjurusan Wonosobo - Dieng Batur. turun di pertigaan Desa Rejosari, Wonosobo. dengan perjalanan sekitar 30 menit.

SEJARAH SINGKAT PT.TAMBI
Pada masa pemerintahan Hindia Belanda sekitar tahun 1865 Perusahaan Perkebunan Tambi adalah salah satu perusahaan milik Belanda, dengan nama bagelen Thee & Kina Maatschappij yang berada di Netherland. Di Indonesia perusahaan tersebut dikelola oleh NV John Peet yang berkantor di Jakarta.
Ketika revolusi kemerdekaan meletus, perusahaan diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia dan para pekerjanya diangkat menjadi Pegawai Perkebunan Negara (PPN).
Setelah Konferensi Meja Bundar pada tahun1950 perusahaan diserahkan kembali kepada pemilik semula yaitu Bagelen Thee& Kina Maatschappij. Pada tahun 1954 perusahaan dijual kepada NV Eks PPN Sindoro Sumbing, perusahaan yang didirikan oleh Eks Pegawai Perusahaan Perkebunan Negara.
Pada Tahun 1957 NV Eks PPN Sindoro Sumbing bekerja sama dengan PemerintahDaerah Wonosobo mendirikan sebuah perusahaan baru dengan nama NV Tambi dan sekarang dengan nama PT. Perkebunan Tambi.
PT. Perkebunan Tambi sekarang dalam jangka waktu pendek sedang mengembangkan potensi keindahan dan daya tarik alam perkebunan sebagai wisataagro dengan nama Agrowisata PerkebunanTeh Tambi.
Luas areal PT Tambi meliputi 829,14 ha terdiri atas 3 unit perkebunan yaitu Unit Tambi, Unit Bedakah dan Unit Tanjungsari. Produk utama berupa teh hitam dengan tingkat produksi per tahun sebanyak 1.800 - 2.000 ton.



<<BACK